Thursday, 8 December 2016

Contoh Proposal Skripsi Olahraga PJKR UNY Bab 1

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Olahraga mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia. Dalam kehidupan modern sekarang ini manusia tidak bisa dipisahkan dari kegiatan-kegiatan olahraga.  Olahraga mengajarkan pada seseorang akan kedisiplinan, jiwa sportivitas, tidak mudah menyerah, mempunyai jiwa kompetitif yang tinggi, semangat bekerja sama, mengerti akan adanya aturan, dan berani mengambil keputusan. Pendek kata, olahraga akan membentuk manusia dengan kepribadian yang sehat jasmani dan rohani.
Salah satu cabang olahraga yang digemari di kalangan masyarakat saat  ini adalah cabang olahraga futsal. Olahraga futsal merupakan salah satu cabang olahraga yang sudah berkembang di masyarakat luas. Di sekolah, olahraga futsal digunakan sebagai pembelajaran di luar mata pelajaran atau disebut ekstrakurikuler. Dalam lingkungan sekolah tedapat kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk menyalurkan minat dan bakat para siswa.
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilaksanakan di luar jam pelajaran formal dan merupakan salah satu upaya pembinaan bagi pelajar. Program ekstrakurikuler diperuntukkan bagi siswa yang ingin mengembangkan bakat dan kegemarannya dalam cabang olahraga serta lebih membiasakan hidup sehat (Depdikbud, 2002: 25).  Ekstrakurikuler Futsal adalah kegiatan olahraga futsal yang dilaksanakan di luar jam mata pelajaran dan merupakan pelayanan konseling untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat dan minat mereka.
Futsal adalah miniatur dari sepakbola, sepakbola dimainkan oleh 11 orang dalam satu tim sedangkan futsal dimainkan oleh 5 orang dalam satu tim. Seiring dengan berkembangnya permainan futsal, sekarang ini banyak diadakan pertandingan futsal tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Seperti halnya di SMP Negeri 2 Karanganyar merupakan sekolah yang mengadakan kegiatan ekstrakurikuler. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler tersebut adalah futsal. Sebelumnya olahraga futsal di SMP Negeri 2 Karanganyar dipandang kurang digemari oleh siswa, hal ini terlihat dari kurang adanya respons yang baik dari siswa maupun sekolah. Namun saat ini hal tersebut telah berbanding terbalik, saat ini proses kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 2 Karanganyar menunjukan hasil yang cukup maksimal. Hal ini dikarenakan partisipasi siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal dari tahun ke tahun semakin bertambah. Data observasi mengenai kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 2 Karanganyar yaitu pada tahun pertama kegiatan ekstrakurikuler futsal pada tahun ajaran 2011/2012 yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal hanya berjumlah 15 siswa putra, pada tahun ajaran 2012/2013 yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal bertambah menjadi 20 siswa putra dan 5 siswa putri. Pada tahun ajaran 2013/2014 yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal semakin bertambah menjadi 30 siswa putra dan 15 siswa putri. Yang paling membanggakan sekarang SMP Negeri 2 Karanganyar memiliki tim futsal putri.
Sarana dan prasarana penunjang kegiatan ekstrakurikuler futsal sangatlah berpengaruh. Karena dengan adanya penunjang kegiatan tersebut baru bisa dilaksanakan dengan maksimal. Namun pada kenyataannya sarana dan prasarana kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 2 Karanganyar masih kurang memadai. Diantaranya yaitu bola futsal yang masih kurang banyak, tidak adanya jaring gawang, fasilitas lapangan yang kurang bagus serta tidak adanya pagar lapangan sehingga membahayakan apabila menendang bola futsal terlalu keras. Sehingga masih perlu diperhatikan oleh sekolah maupun pembina ekstrakurikuler futsal.
Kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 2 Karanganyar dilaksanakan dua kali dalam seminggu, yaitu setiap hari kamis pukul 15.00 – 16.30 WIB dan setiap hari sabtu pukul 15.30 – 16.30 WIB. Dalam pelaksanaannya siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal adalah siswa kelas VII dan VIII. Pembimbing atau pelatih kegiatan ekstrakurikuler futsal yaitu bapak Indra Galih Wahyudi.
Yang menjadi faktor suksesnya kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Karanganyar salah satunya adalah minat siswanya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tersebut. Timbulnya minat terhadap suatu obyek ditandai dengan adanya rasa senang atau tertarik. Minat sangat penting perannya dalam menentukan keberhasilan kegiatan ekstrakurikuler. Apabila minat siswa tinggi maka dapat diharapkan kegiatan ekstrakurikuler berlangsung dengan baik. Tetapi sebaliknya jika minat siswa rendah maka kegiatan ekstrakurikuler akan berlangsung kurang baik.
Minat tidak hanya diekspresikan melalui pernyataan yang menunjukkan bahwa anak didik lebih menyukai sesuatu dari pada yang lainnya, tetapi juga dapat diimplementasikan melalui partisipasi aktif dalam suatu kegiatan. Anak didik yang berminat pada ekstrakurikuler futsal cenderung untuk memberikan perhatian yang lebih besar pada olahraga yang diminati itu dan sama sekali tidak menghiraukan sesuatu yang lain.
Siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 2 Karanganyar ini di pengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya faktor intern (hobby/bakat, perhatian, aktifitas, perasaan senang) dan faktor ekstern (peran guru/pelatih, fasilitas, keluarga, lingkungan). Sehingga ini menimbulkan minat para siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 2 Karanganyar, selain siswa putra juga tidak terkecuali para siswa putri yang juga ikut dalam kegiatan ekstrakurikuler futsal. Namun belum ada penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa di SMP Negeri 2 Karanganyar terhadap kegiatan ekstrakurikuler futsal.
Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti ingin mengadakan penelitian mengenai faktor-fator yang mempengaruhi minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 2 Karanganyar.
B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas dapat diidentifikasikan permasalahan-permasalahan sebagai berikut :
1.      Partisipasi siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal dari tahun ke tahun semakin bertambah.
2.      Sarana dan prasarana kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 2 Karanganyar masih kurang memadai.
3.      Belum diketahui faktor yang mempengaruhi minat siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 2 Karanganyar.
C.    Batasan Masalah
Mengingat keterbatasan yang dimiliki oleh peneliti, maka perlu adanya pembatasan masalah yang jelas. Untuk itu peneliti ini dibatasi pada faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 2 Karanganyar.
D.    Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 2 Karanganyar?”.
E.     Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 2 Karanganyar.
F.     Manfaat Penelitian
1. Manfaat Teoritis
Memberikan informasi dan menggambarkan mengenai minat siswa SMP Negeri 2 Karanganyar dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal. Serta diharapkan dapat memberikan kontribusi atau pengaruh terhadap peningkatan kualitas kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 2 Karangayar.
2. Manfaat Praktis
a.       Bagi siswa, penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sehingga melalui kegiatan ekstrakurikuler tersebut siswa dapat berprestasi.
b.      Bagi guru pembimbing ekstrakurikuler, penelitian ini diharapkan dapat menambah kreativitas guru dalam mengajar ekstrakurikuler futsal dan meningkatkan minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal.













No comments:

Post a Comment