RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
DARING (RPP)
Sekolah : SMP ISLAM AL SYUKRO
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan
Kelas/Semester : VII / 1
Materi Pokok : Atletik
Alokasi Waktu : 3 Kali Pertemuan/3
Minggu ( 3 JP )
Tujuan Pembelajaran |
KD 3 |
KD 4 |
|
3.3. Memahami gerak spesifik jalan, lari, lompat dan lempar dalam
berbagai permainan sederhana dan atau tradisional*) |
4.3. Mempraktikkan gerak spesifik jalan, lari,
lompat dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional*) |
||
IPK 3 |
IPK 4 |
||
·
Menjelaskan tahap-tahap gerakan start jongkok (long, medium dan short)
dalam lari jarak pendek serta peraturan yang ada didalamnya. |
·
Memaparkan dan atau mempraktikkan tahap-tahap gerakan start jongkok
(long, medium dan short) dalam lari jarak pendek serta pemilihan yang tepat
saat pelaksanaannya |
||
Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran |
|||
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
||
·
Model: Pembelajaran jarak jauh (During
dan Luring). ·
Metode: Inquiry/Discovery Learning ·
Alat, Bahan, dan Media
Pembelajaran: o Ruang/lapangan o Gambar o Vidio pembelajaran o Handpone/Laptop ·
Sumber Belajar: o Muhajir. 2016.
PJOK (Buku siswa). Jakarta: PT.
Yudhistira (hal. 121-136). o Muhajir. 2017. PJOK (Buku guru). Jakarta: PT.
Yudhistira (hal. 121-136). ·
Fokus Penguatan Karakter: Berani, Percaya diri, Kerja sama, Menghargai
sesama, Pantang menyerah ·
Apabila situasi dan kondisi memungkinkan, sesekali pembelajaran dilakukan
dengan cara tatap muka menggunakan kelas teams |
1.
Kegiatan Pendahuluan (15 menit) a.
Peserta
didik bangun pagi dan mempersiapkan diri untuk mengikuti serangkaian proses
belajar jarak jauh. b.
Guru
melakukan presensi jarak jauh melalui whats app group. c.
Guru
memimpin berdoa sesuai kepercayaan masing-masing melalui whats app group. d.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dipelajari via whats app group. 2. Kegiatan Inti (30 menit) a.
Merumuskan
Pertanyaan ·
Guru
menjelaskan secara singkat terkait materi melalui voice note dan atau chat di
whats app group. ·
Guru
mengarahkan peserta didik untuk mempelajari lebih lanjut terkait materi di
buku paket halaman 121-136 dengan materi aktivitas kebugaran jasmani. ·
Untuk
memperkuat penyampaian materi, guru menggunakan video pembelajaran. b.
Merencanakan ·
Guru
memberikan waktu khusus (menyesuaikan) untuk peserta didik mempelajari materi
yang ada di buku paket. ·
Setelah
waktu habis, maka tatap muka daring dimulai lagi melalui whats app group. c.
Mengumpulkan
& Menganalisis Data ·
Peserta
didik mempelajari materi yang disampaikan dan guru memantau peserta didik. ·
Setelah
pendalaman materi selesai, maka langkah guru selanjutnya sebagai berikut: v Guru menginstruksikkan kepada peserta
didik untuk mengerjakan soal pilihan ganda pada buku paket halaman 158-159. v Setelah selesai, maka dibahas secara
bersama-sama melalui whats app group. v Langkah berikutnya yaitu peserta didik
ditugaskan untuk mencari gambar tentang bentuk latihan kekuatan otot lengan,
perut, punggung dan tungkai, lalu gambar tersebut dibuat klipping sederhana
di buku tulis tugas masing-masing. v Selain itu, bentuk latihan tersebut di
praktikkan kemudian di foto. v Pembuatan klipping dan foto gerakan
tersebut sebagai wujud penilaian keterampilan (projek) dan waktu
penyelesaianya 3 x 24 jam. d.
Menarik
Simpulan ·
Guru
dan peserta didik bersama-sama menyimpulkan sebagai wujud dari hasil proses
belajar yang telah dilaksanakan. e.
Aplikasi
dan Tindak lanjut ·
Guru
menjadi fasilitator selama proses pembelajaran dan mengamati dari hasil
proses belajar peserta didik melalui diskusi bersama dalam whats app group. 3. Kegiatan Penutup (15 menit) a.
Guru
menarik kesimpulan terkait materi yang telah dipelajari melalui whats app
group. b.
Sebelum
pembelajaran ditutup, guru memberikan tugas berupa soal online dalam bentuk
google form dengan batas waktu pengerjaan 2 x 24 jam. c.
Link
soal pada google form akan dikirim melalui whats app group. d.
Guru
menunjuk salah satu peserta didik untuk memimpin doa melalui whats app group/zoom meeting |
||
|
|||
Asesmen: a.
Sikap : Jurnal/observasi b.
Pengetahuan : Tes tertulis dan penugasan (Google
Form/Quiz). c. Keterampilan :
Tes praktik dan portopolio (Lembar Tugas) |
|||
Tagihan materi gerak spesifik
lari jarak pendek. |
Pengetahuan |
Keterampilan |
|
LKS/Paket |
Google Form |
Project Klipping |
|
1. Buatlah kesimpulan hasil dari
pembelajaran atletik. 2. Kerjakan soal pilihan ganda (11-20)
pada buku paket halaman 158-159. |
1.
Buatlah kliping tentang aktivitas lari jarak pendek di buku tugas kalian
masing-masing! 2.
Foto jenis start yang dipilih yang cocok dengan karakteristik peserta
didik masing-masing. |
No comments:
Post a Comment