Monday, 10 February 2020

Contoh Skripsi Olahraga PJKR UNY Bab 4 Hasil Penelitian dan Pembahasan

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian
Faktor-faktor yang mempengaruhi siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal dideskripsikan berdasarkan jawaban yang telah diisi oleh para siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal atas angket-angket yang telah disebarkan. Pendeskripsian data dilakukan dengan mendeskripsikan faktor-faktor yang ada kemudian dideskripsikan lagi berdasarkan indikator dari masing-masing faktor yang ada.
Berdasarkan analisis data faktor-faktor yang mempengaruhi siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 2 Karanganyar, menunjukan hasil yang bervariasi. Hasil analisis data tiap faktor dan tiap indikator selengkapnya disajikan sebagai berikut :
1. Faktor dari Dalam (Intrinsik)
NO
Interval
Frekuensi
Kategori
Absolute
Persentase
1
54 ≤ X
22
73,33%
Tinggi
2
36 ≤ X < 54
8
26,67%
Sedang
3
X < 36
0
0%
Rendah
Jumlah
30
100%

Tabel 







6. Deskripsi Kategorisasi Faktor Intrinsik Siswa yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMP N 2 Karanganyar
       Berdasarkan tabel di atas dapat diketahui bahwa pegaruh dari faktor intrinsik dengan kategori tinggi 22 siswa dengan persentase sebesar 73,33%, kategori sedang 8 siswa dengan persentase sebesar  26,67% dan kategori  rendah 0 siswa dengan persentase  0%.
Dari data tabel di atas tentang faktor intrinsik siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP N 2 Karanganyar diperjelas dengan gambar histogram di bawah ini :
Gambar 1. Diagram Distribusi Faktor Intrinsik Siswa yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMP N 2 Karanganyar
Sedangkan faktor pendukung dari faktor intrinsik siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal yaitu rasa senang atau tertarik, perhatian dan aktifitas. Berdasarkan analisis data dapat diketahui sebagai berikut :
a. Rasa Senang atau Tertarik
Tabel 7. Deskripsi Kategorisasi Faktor Rasa Senang atau Tertarik Siswa yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMP N 2 Karanganyar
NO
Interval
Frekuensi
Kategori
Absolute
Persentase
1
18 ≤ X
23
76,67%
Tinggi
2
12 ≤ X < 18
7
23,33%
Sedang
3
X < 12
0
0%
Rendah
Jumlah
30
100%


Berdasarkan tabel di atas dapat diketahui bahwa pengaruh dari faktor rasa senang atau tertarik dengan kategori tinggi 23 siswa dengan persentase sebesar 76,67%, kategori sedang 7 siswa dengan persentase sebesar 23,33% dan kategori rendah 0 siswa dengan persentase 0%.
Dari data tabel di atas tentang faktor rasa senang atau tertarik siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP N 2 Karanganyar diperjelas dengan gambar histogram di bawah ini :
Gambar 2. Diagram Distribusi Faktor Rasa Senang atau Tertarik Siswa yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMP N 2 Karanganyar
b. Perhatian
Tabel 8. Deskripsi Kategorisasi Faktor Perhatian Siswa yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMP N 2 Karanganyar
NO
Interval
Frekuensi
Kategori
Absolute
Persentase
1
18 ≤ X
17
56,67%
Tinggi
2
12 ≤ X < 18
11
36,67%
Sedang
3
X < 12
2
6,66%
Rendah
Jumlah
30
100%

Berdasarkan tabel di atas dapat diketahui bahwa pengaruh dari faktor perhatian dengan kategori tinggi 17 siswa dengan persentase sebesar 56,67%, kategori sedang 11 siswa dengan persentase sebesar 36,67% dan kategori rendah 2 siswa dengan persentase sebesar 6,66%.
Dari data tabel di atas tentang faktor perhatian siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP N 2 Karanganyar diperjelas dengan gambar histogram di bawah ini :
Gambar 3. Diagram Distribusi Faktor Perhatian Siswa yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMP N 2 Karanganyar
c. Aktifitas
Tabel 9. Deskripsi Kategorisasi Faktor Aktifitas Siswa yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMP N 2 Karanganyar
NO
Interval
Frekuensi
Kategori
Absolute
Persentase
1
18 ≤ X
13
43,33%
Tinggi
2
12 ≤ X < 18
14
46,67%
Sedang
3
X < 12
3
10%
Rendah
Jumlah
30
100%

Berdasarkan tabel di atas dapat diketahui bahwa pengaruh dari faktor aktifitas dengan kategori tinggi 13 siswa dengan persentase sebesar 43,33%, kategori sedang 14 siswa dengan persentase sebesar 46,67% dan kategori rendah 3 siswa dengan persentase sebesar 10%.
Dari data tabel di atas tentang faktor aktifitas siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP N 2 Karanganyar diperjelas dengan gambar histogram di bawah ini :
Gambar 4. Diagram Distribusi Faktor Aktifitas Siswa yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMP N 2 Karanganyar
2. Faktor dari Luar (Ekstrinsik)
Tabel 10. Deskripsi Kategorisasi Faktor Ekstrinsik Siswa yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMP N 2 Karanganyar
NO
Interval
Frekuensi
Kategori
Absolute
Persentase
1
48 ≤ X
12
40%
Tinggi
2
32 ≤ X < 48
18
60%
Sedang
3
X < 32
0
0%
Rendah
Jumlah
30
100%

Berdasarkan tabel di atas dapat diketahui bahwa pengaruh dari faktor ekstrinsik dengan kategori tinggi 12 siswa dengan persentase sebesar 40%, kategori sedang 18 siswa dengan persentase sebesar 60% dan kategori rendah 0 siswa dengan persentase 0%.
Dari data tabel di atas tentang faktor ekstrinsik siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP N 2 Karanganyar diperjelas dengan gambar histogram di bawah ini :
Gambar 5. Diagram Distribusi Faktor Ekstrinsik Siswa yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMP N 2 Karanganyar
Sedangkan faktor pendukung dari faktor ekstrinsik siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal yaitu peran guru atau orang tua, fasilitas dan lingkungan. Berdasarkan analisis data dapat diketahui sebagai berikut :

a. Peran Guru atau Orang Tua
Tabel 11. Deskripsi Kategorisasi Faktor Peran Guru atau Orang Tua Siswa yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMP N 2 Karanganyar
NO
Interval
Frekuensi
Kategori
Absolute
Persentase
1
18 ≤ X
16
53,33%
Tinggi
2
12 ≤ X < 18
14
46,67%
Sedang
3
X < 12
0
0%
Rendah
Jumlah
30
100%

Berdasarkan tabel di atas dapat diketahui bahwa pengaruh dari faktor peran guru atau orang tua dengan kategori tinggi 16 siswa dengan persentase sebesar 53,33%, kategori sedang 14 siswa dengan persentase sebesar 46,67% dan kategori rendah 0 siswa dengan persentase 0%.
Dari data tabel di atas tentang faktor peran guru atau orang tua siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP N 2 Karanganyar diperjelas dengan gambar histogram di bawah ini :
Gambar 6. Diagram Distribusi Faktor Peran Guru Siswa yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMP N 2 Karanganyar
b. Fasilitas
Tabel 12. Deskripsi Kategorisasi Faktor Fasilitas Siswa yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMP N 2 Karanganyar
NO
Interval
Frekuensi
Kategori
Absolute
Persentase
1
15 ≤ X
6
20%
Tinggi
2
10 ≤ X < 15
18
60%
Sedang
3
X < 10
6
20%
Rendah
Jumlah
30
100%

Berdasarkan tabel di atas dapat diketahui bahwa pengaruh dari faktor fasilitas dengan kategori tinggi 6 siswa dengan persentase sebesar 20%, kategori sedang 18 siswa dengan persentase sebesar 40% dan kategori rendah 6 siswa dengan persentase sebesar 20%.
Dari data tabel di atas tentang faktor fasilitas siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP N 2 Karanganyar diperjelas dengan gambar histogram di bawah ini :
Gambar 7. Diagram Distribusi Faktor Fasilitas Siswa yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMP N 2 Karanganyar
c. Lingkungan
Tabel 13. Deskripsi Kategorisasi Faktor Lingkungan Siswa yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMP N 2 Karanganyar
NO
Interval
Frekuensi
Kategori
Absolute
Persentase
1
15 ≤ X
17
56,67%
Tinggi
2
10 ≤ X < 15
13
43,33%
Sedang
3
X < 10
0
0%
Rendah
Jumlah
30
100%

Berdasarkan tabel di atas dapat diketahui bahwa pengaruh dari faktor lingkungan dengan kategori tinggi 17 siswa dengan persentase sebesar 56,67%, kategori sedang 13 siswa dengan persentase sebesar 43,33% dan kategori rendah 0 siswa dengan persentase 0%.
Dari data tabel di atas tentang faktor lingkungan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP N 2 Karanganyar diperjelas dengan gambar histogram di bawah ini :
Gambar 8. Diagram Distribusi Faktor Lingkungan Siswa yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMP N 2 Karanganyar
B. Pembahasan
1. Faktor dari Dalam (Intrinsik)
Faktor ini berasal dari dalam individu itu sendiri tanpa adanya pengaruh dari luar. Pengaruh dari faktor intrinsik terhadap minat siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP N 2 Karanganyar termasuk kategori tinggi dengan persentase sebesar 73,33%, kategori sedang dengan persentase sebesar 26,67% dan kategori rendah dengan persentase 0%.
Sedangkan jika dilihat dari faktor-faktor yang mendukung dari faktor intrinsik yaitu faktor rasa senang atau tertarik termasuk kategori tinggi dengan persentase sebesar 76,67%, faktor perhatian termasuk kategori tinggi dengan persentase sebesar 56,67% dan faktor aktifitas termasuk kategori sedang dengan persentase sebesar 46,67%.
Hasil ini menunjukan faktor yang paling mempengaruhi dari faktor intrinsik yaitu faktor rasa senang atau tertarik dengan kategori tinggi dengan persentase sebesar 76,67%.
2. Faktor dari Luar (Ekstrinsik)
Faktor ini berasal dari luar individu seperti lingkungan di sekitar individu. Berdasarkan pendapat tersebut faktor-faktor dari luar individu dapat mempengaruhi terhadap minat seseorang. Pengaruh dari faktor ekstrinsik terhadap minat siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP N 2 Karanganyar termasuk kategori tinggi dengan persentase sebesar 40%, kategori sedang dengan persentase sebesar 60% dan kategori rendah dengan persentase 0%.
Sedangkan jika dilihat dari faktor-faktor yang mendukung dari faktor intrinsik yaitu faktor peran guru atau orang tua termasuk kategori tinggi dengan persentase sebesar 53,33%, faktor fasilitas termasuk kategori sedang dengan persentase sebesar 60% dan faktor lingkungan termasuk kategori tinggi dengan persentase sebesar 56,67%.
Hasil ini menunjukan faktor yang paling mempengaruhi dari faktor ekstrinsik yaitu faktor lingkungan dengan kategori tinggi dengan persentase sebesar 56,67%.




           







No comments:

Post a Comment