Monday, 31 July 2017

Contoh RPP K13 PJOK Senam Lantai SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP ...
Mata Pelajaran                        : Penjasorkes
Kelas/ Semester                       : VII/Satu
Materi Pokok                          : Senam Lantai
Alokasi Waktu                        : 2 pertemuan  (6 JP)

A.      Kompetensi Inti
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,   gotong royong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
3.6  Memahami berbagai keterampilan dasar  spesifik senam lantai

3.6.1.      Menjelaskan teknik dasar gerak meroda, guling depan dan guling lenitng
3.6.2.      Menjelaskan rangkaian gerak meroda, guling depan dan guling lenting
2
4.6 Mempraktikkan berbagai keterampilan dasar  spesifik senam lantai

4.6.1.      Mempraktikan teknik dasar gerak meroda, guling depan dan guling lenting
4.6.2.      Mempraktikan rangkaian gerak meroda, guling depan dan guling lenting

C.      Tujuan Pembelajaran   
               Pertemuan Pertama
1.      Peserta didik mampu menjelaskan teknik dasar gerak meroda dan guling depan
2.      Peserta didik mampu menjelaskan rangkaian gerak meroda dan guling depan
3.      Peserta didik mampu mempraktikan teknik dasar gerak meroda dan guling depan dengan baik
4.      Peserta didik mampu mempraktikan rangkaian gerak meroda dan guling depan



  Pertemuan Kedua
1.    Peserta didik mampu menjelaskan teknik dasar gerak guling lenting
2.    Peserta didik mampu menjelaskan rangkaian gerak guling lenting
3.    Peserta didik mampu mempraktikan teknik dasar gerak guling lenting dengan baik
4.    Peserta didik mampu mempraktikan rangkaian gerak guling lenting







D.           Materi Pembelajaran 
Pertemuan 1
Ø  Materi pokok        : Senam Lantai
Ø  Sub materi            : Meroda dan guling depan
Ø  Materi reguler       :
a.         Teknik dasar meroda
b.        Teknik dasar guling depan
Ø  Materi pengayaan : Guling belakang
Ø  Materi Remedial  : Meroda

Pertemuan 2
Ø  Materi reguler       : Guling lenting
Ø  Materi Pengayaan : Rangkaian gerakan dari guling depan, guling belakang, meroda
Ø  Materi remedial    : Guling Lenting

E.            Metode Pembelajaran
1.        Pembelajaran Resiprokal
2.        Pembelajaran Langsung

F.            Media Pembelajaran
                       1. Media
-          Matras Senam Lantai
-          Laptop dan infocus

                  2.     Alat dan bahan
Matras Senam Lantai

G.           Sumber Belajar
1.      Muhajir dan Sutrisno, Budi. 2013.  Buku Guru Penjasorkes Kelas VII. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif (halaman 1-16)
2.      Muhajir dan Sutrisno, Budi. 2013.  Penjasorkes Kelas VII. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif (halaman 2-15)

v  Penguatan karakter : Disiplin, tanggung jawab dan percaya diri

H.           Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pendahuluan










1.      Guru memimpin doa. (Spiritual)
2.      Guru memberi salam kepada siswa.
3.      Guru menanyakan kondisi kesehatan siswa secara umum.
4.      Guru menyampaikan indikator kompetensi yang harus dikuasai.
5.      Guru menjelaskan cakupan materi dan tujuan pembelajaran tentang senam lantai. (Disiplin)
6.      Guru menyampaikan teknik penilaian untuk kompetensi yang harus dikuasai, baik kompetensi sikap spiritual dengan observasi dalam bentuk jurnal, kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan. (Disiplin)
15 menit
Kegiatan inti tahap 1. Merumuskan pertanyaan
Menetapkan masalah atau topik yang akan diselidiki
1.      Siswa menyaksikan video tentang orang yang melakukan gerak meroda atau guling depan. (Literasi)
2.      Siswa menyaksikan video tentang orang yang melakukan gerak melenting. (Literasi)
3.      Siswa dengan bimbingan guru berdiskusi tentang bagaimana cara untuk melakukan gerak meroda, guling depan dan gerak melenting. Contoh pertanyaan : (Kerjasama)
Ø Apakah definisi dari gerak meroda, guling depan dan gerak melenting.
Ø Jelaskan manfaat dari melakukan gerak meroda, guling depan dan gerak melenting.
Ø Jelaskan prosedur melakukan gerak meroda, guling depan dan gerak melenting.
15 menit
Tahap 2.
Merencanakan
Merencanakan prosedur pengumpulan dan analisis data guru bersama siswa merencanakan prosedur pengumpulan data dan analisis data yang akan digunakan dalam penyelidikan yaitu : (Kerjasama)
1.      Pengamatan dan eksperimen dengan metode resiprokal yaitu, siswa di bagi menjadi dua kelompok yang mempunyai peran masing-masing. Kelompok satu berperan sebagai pelaku dan kelompok dua berperan sebagai pengamat, begitu sebaliknya.
2.      Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif dengan membaca buku siswa
90 menit
Tahap 3.
Mengumpulkan dan menganalisis data
Melakukan percobaan-percobaan. Mengumpulkan data hasil pengamatan. Menganalisis data.

Pertemuan Pertama
Pemanasan
1.      Siswa melakukan pemanasan menggunakan permainan tiga berlian. (Disiplin)
a.       Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan masing-masing kelompok terdiri dari 4 siswa. Tiga siswa bergandengan dengan rincian satu siswa berperan menjadi berlian dan dua siswa berperan menjadi pelindung berlian sedangkan satu siswa bergerak bebas berperan sebagai pengambil/pemburu berlian.
b.      Cara bermain :
-          Pengambil atau pemburu berlian berusaha meraih/mengambil berlian dengan cara menyentuh atau menangkap berlian. Dua siswa yang di sampingnya berusaha untuk melindungi berlian agar jangan sampai tersentuh.
-          Cara menyentuh tidak boleh menerobos lewat tengah tapi harus melalui samping.
-          Berlian yang sudah tersentuh gantian menjadi pengambil/pemburu berlian.
Cara melakukan senam lantai
  1. Melakukan teknik dasar senam lantai meroda , dengan rincian kegiatan sebagai berikut : (Percaya diri)

 






F Melakukan latihan tumpuan dua  tangan pada kursi  dengan mengangkat pinggul (perorangan/berpasangan)
F Melakukan latihan tumpuan dua tangan dengan berdiri menggunakan kedua tangan (perorangan/berpasangan)
F Melakukan latihan gerak meroda dengan bantuan dan dilanjutkan tanpa bantuan  (perorangan/ berpasangan/ berkelompok)

  1. Melakukan teknik dasar senam lantai guling depan, dengan rincian kegiatan sebagai berikut : (Percaya diri)

Ø  Sikap permulaan jongkok dengan kedua kaki rapat
Ø  Luruskan tungkai, badan condong ke depan tangan menumpu bahu.
Ø  Gulingkan badan ke depan mulai dari tengkuk, punggung, pinggang, panggul serta kaki mengikuti gerakan badan.

Pertemuan Kedua
  1. Melakukan teknik dasar senam lantai gerak melenting, dengan rincian sebagai berikut : (Percaya diri)

 





F Melakukan latihan melentingkan pinggang dari posisi tidur telentang (perorangan/berpasangan)
F Melakukan latihan kayang dari posisi berdiri (perorangan/berpasangan)
F Melakukan latihan melecutkan pinggang dengan bantuan teman  dilanjutkan tanpa bantuan (perorangan/ berpasangan/ berkelompok)
F Melakukan latihan melecutkan pinggang dari gerak berguling dengan bantuan teman  dilanjutkan tanpa bantuan (perorangan/ berpasangan/ berkelompok)

Tahap 4.
Menarik kesimpulan
Siswa mendiskusikan untuk menarik kesimpulan dari hasil senam lantai dengan bimbingan guru. (Kerjasama)
1.      Dari data yang diperoleh dan mencermati kembali (mengasosiasi) apa yang telah di tuliskan tentang pengertian, senam lantai : gerak meroda, gerak guling depan dan gerak melenting. Siswa merumuskan kesimpulan dari jawaban permasalahan yang di rumuskan di atas.
2.      Siswa mempresentasikan (mengkomunikasikan) hasil pembelajaran dan latihan di depan kelas.

Tahap 5.
Penerapan dan tindak lanjut
(siswa mendiskusikan penerapan hasil kesimpulan dan menemukan pertanyaan lanjutan untuk di cari jawabanya).
Siswa melakukan gerakan meroda, guling depan, melenting sebanyak tiga kali percobaan. (Percaya diri)

Penutup
1.        Guru melakukan tanya jawab dengan siswa yang berkenaan  dengan materi pembelajaran yang telah di berikan
2.        Melakukan pelepasan dan pendinginan yang dipimpin guru atau salah satu siswa yang di anggap mampu
3.        Menginformasikan materi minggu depan, berdoa dan bersalaman
15 menit
I. Penilaian

2.        Sikap spiritual
a.         Teknik Penilaian  : Observasi
b.        Bentuk Instrumen: Lembar observasi
c.         Kisi-kisi:
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh butir instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Jurnal


Penilaian untuk dan pencapaian dan pembelajaran (assessment for end of learning)
2
Penilaian diri




3
Penilaian antar teman





Rubrik Penilaian:  lihat Lampiran 1
3.        Sikap sosial
a.         Teknik Penilaian  : Observasi
b.        Bentuk Instrumen: Lembar observasi
c.         Kisi-kisi:

No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh butir instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Jurnal


Penilaian untuk dan pencapaian dan pembelajaran (assessment for end of learning)
2
Penilaian diri











Rubrik Penilaian:  lihat Lampiran 1

4.        Pengetahuan
                                   a.            Teknik Penilaian  : tes tertulis
                                   b.            Bentuk Instrumen: tes uraian
                                   c.            Kisi-kisi:
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
  1.  
Tertulis
Tes Uraian
1.menjelaskan cara gerakan guling depan

2.menjelaskan cara meroda

3.menjelaskan cara guling melenting
Pada saat pembelajaran
Penilaian untuk dan pencapaian dan pembelajaran (assessment for end of learning)







Instrumen: Lihat Lampiran 2

5.        Keterampilan
a.         Teknik Penilaian  :  tes praktek
b.        Bentuk Instrumen:  daftar cek
c.         Kisi-kisi:
No.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Butir Instrumen
  1.  
Mempraktikan rangkaian teknik dasar gerak guling depan
1
  1.  
Mempraktikan rangkaian teknik dasar guling depan dengan awalan sikap permulaan jongkok
2
  1.  
Mempraktikan cara melakukan sikap akhir guling depan
3

                Rubrik Penilaian:  lihat Lampiran 3



                                                                                                ……….., .............................. 2017 
Mengetahui                                                                
Kepala SMP.....                                                                       Guru Mata Pelajaran



________________________                                                            _________________________
NIP. ...                                                                                    NIP. ...





Lampiran 1 Instrumen Penilaian KI-1 dan KI-2:
Lembar Observasi Penilaian Sikap Spiritual
No
Perilaku yang dihapkan
Cek ( √ )
1
2
3
4
1.
Melakukan berdoa sebelum dan sesudah pelajaran




2.
Tunjukan sikap bersyukur atas hasil pembelajaran





Jumlah Skor



                                                         N =  Jumlah  Total     :                 x 4
                                                                        Skor Max      :     8


Lembar Observasi Penilaian Sikap Sosial
No
Perilaku yang dihapkan
Cek ( √ )
1
2
3
4
1.
Mengikuti gerakan dengan bersungguh-sungguh





Jumlah Skor



                                                          N =  Jumlah  Skor     :                        x 4    
                                                                        Skor Max      :     4


            Keterangan Rubrik Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial:

Skor

Keterangan
4
:
SB
3
:
B
2
:
C
1
:
K

Lampiran 2 Instrumen Penilaian KI-3:
Instrumen Penilaian Pengetahuan Sepakbola
No
Aspek Yang Dinilai
Kualitas jawaban
1
2
3
4
1.
Jelaskan  cara guling depan




2.
Jelaskan cara meroda




3.
Jelaskan cara melenting





Jumlah Skor




                                                          N =  Jumlah  Skor     :                 x  4 
                                                                        Skor Max      :     12





      Petunjuk Penilaian Pengetahuan
1.      Kriteria cara guling depan
1.    Berdiri kaki rapat tegak lurus
2.    Sikap jongkok dengan kedua tangan berada di atas matras
3.    Sikap guling depan lurus atau miring
4.    Gerakan akhir adalah berdiri tegak

skor
Keterangan
4
Jika ke 4 kriteria guling depan dijawab
3
Jika hanya 3 kriteria guling depan dijawab
2
Jika hanya 2 kriteria guling depan dijawab
1
Jika hanya 1 kriteria guling depan dijawab

2.      Kriteria cara meroda
1.    Berdiri tegak menyamping
2.    Kedua kaki di buka sedikit lebar
3.    Jatuhkan badan ke samping kiri
4.    Letakan telapak tangan ke samping kiri

Skor
Keterangan
4
Jika ke 4 kriteria meroda dijawab
3
Jika hanya 3 kriteria meroda dijawab
2
Jika hanya 2 kriteria meroda dijawab
1
Jika hanya 1 kriteria meroda dijawab



3.      Kriteria cara melenting
1.    Berbaring terlentang atau duduk selonjor
2.    Kedua kaki lurus dan rapat dan kedua tangan di sisi badan
3.    Mengguling ke belakang tungkai lurus sehingga kaki dekat kepala
4.    Siku dibengkokan tangan menumpu di samping kepala dan posisi ibu jari dekat dengan telinga

skor
Keterangan
4
Jika ke 4 kriteria melenting dijawab
3
Jika hanya 3 kriteria melenting dijawab
2
Jika hanya 2 kriteria melenting dijawab
1
Jika hanya 1 kriteria melenting dijawab

Lampiran 3 Instrumen Penilaian KI-4

Lembar Obserfasi Penilaian Keterampilan Senam Lantai
No
Aspek Yang Dinilai
Kualitas Gerak
1
2
3
4
1.
Mempraktikan rangkaian teknik dasar gerak guling depan




2.
Mempraktikan rangkaian teknik dasar guling depan dengan awalan sikap permulaan jongkok




3.
Mempraktikan cara melakukan sikap akhir guling depan





Jumlah Skor




                                                          N =  Jumlah  Skor     :                 x   4 
                                                                        Skor Max      :     12

       Petunjuk Penilaian Keterampilan
       Kriteria Penilaian Keterampilan Senam lantai
1.      Kriteria guling depan
1.        Berdiri kaki rapat tegak lurus
2.        Sikap jongkok dengan kedua tangan berada di atas matras
3.        Sikap guling depan lurus atau miring
4.        Gerakan akhir adalah berdiri tegak


skor
Keterangan
4
Jika semua kriteria guling depan dilakukan dengan baik
3
Jika hanya 3 kritetia dilakukan dengan baik
2
Jika hanya 2 kriteria yang dilakukan dengan baik
1
Jika hanya 1 kriteria yang dilakukan dengan baik

5.      Kriteria meroda
1.    Berdiri tegak menyamping
2.    Kedua kaki di buka sedikit lebar
3.    Jatuhkan badan ke samping kiri
4.    Letakan telapak tangan ke samping kiri

skor
Keterangan
4
Jika semua kriteria meroda dilakukan dengan baik
3
Jika hanya 3 kritetia dilakukan dengan baik
2
Jika hanya 2 kriteria yang dilakukan dengan baik
1
Jika hanya 1 kriteria yang dilakukan dengan baik

5.      Kriteria melenting
1.    Berbaring terlentang atau duduk selonjor
2.    Kedua kaki lurus dan rapat dan kedua tangan di sisi badan
3.    Mengguling ke belakang tungkai lurus sehingga kaki dekat kepala
4.    Siku dibengkokan tangan menumpu di samping kepala dan posisi ibu jari dekat dengan telinga

skor
Keterangan
4
Jika semua kriteria melenting dilakukan dengan baik
3
Jika hanya 3 kritetia dilakukan dengan baik
2
Jika hanya 2 kriteria yang dilakukan dengan baik
1
Jika hanya 1 kriteria yang dilakukan dengan baik






No comments:

Post a Comment